Text Size
20 Nov, 2017
  • Kampus Putra

  • Masjid Riyaadhusholihin di Putra

  • Masjid Syaikhoh Al-Anuud di Putra

  • Mesjid di Putri

  • Musholla akhwat di putra

  • asrama putra view 1

  • asrama putra view 2

  • asrama putra view 3

  • Jalan Utama Nan Lapang

  • Parkir Luas

  • Lab Computer Putra 1

  • Lab Computer Putra 2

  • Lab Computer Putri 1

  • Lab Biologi

  • Lab Fisika & Kimia

  • Perpustakaan

  • Ruang kelas ber-ac dengan kursi 1-1

  • Sarana OR - Lap Volley Terbuka

  • Sarana OR - Lap Futsall dan Basket Indoor

  • Sarana OR - Lap Bulutangkis Indoor

  • Kantor Pusat

  • RSG dan Studio Radio Al-Binaa

  • Guest House 1

  • Guest House 2

  • Guest House 3

  • Bina Market

  • ATM Bersama

  • Kampus Putri

  • Asrama Putri View 1

  • Asrama Putri View 2

  • Kampus Al Binaa Putra View 1

  • Kampus Al Binaa Putra View 2

  • Maklumat Infak Bulanan Tahun Ajaran 2017-2018

Bismillah wal hamdulillah, semoga bapak ibu wali santri Al Binaa ada dalam keadaan sehat wal-afiat dan selalu dimudahkan dalam segala urusannya. Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun pelajaran 2016-2017 yaitu di

Read More

ISBAL

ISBAL 

Edisi 7 /Thn 2 Jumadats Tsani 1430

Dalam rangka menghidupkan sunnah di tengah kaum muslimin, khususnya diri kita dan keluarga kita, dalam edisi ini kami jelaskan salah satu sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam berpakaian yang tidak banyak diketahui oleh sebagian kaum muslimin. Sunnah tersebut adalah dilarangnya laki-laki berbuat isbal dan diwajibkannya perempuan menutup auratnya. selamat membaca!

1. Pengertian Isbal.

 

Isbal, berasal dari kata bahasa Arab, yaitu

 

أسبل – يسبل – إسبالا yang berarti menjulurkan pakaian, dan orang yang melakukannya disebut dengan musbil. Adapun isbal yang dimaksud dalam syariat Islam, yang memiliki hukum dan aturan adalah memanjangkan pakaian hingga ke bawah mata kaki.

 

2. Hukum Isbal dan dalil-dalilnya.

 

Isbal, menjulurkan pakaian hingga ke bawah mata kaki adalah salah satu perkara yang diharamkan dan termasuk dosa besar yang pelakunya diancam masuk neraka. Kalau kita kembali kepada kitab-kitab hadits, akan kita dapatkan banyak sekali riwayat yang secara sharih menunjukkan kerasnya ancaman bagi

 

orang yang isbal, baik itu karena sombong maupun bukan karena kesombongan.

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَا أَسْفَلَ مِنَ الكَعْبَيْنِ فَفِي النَّارِ (رواه البخاري)

 

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Apa yang di bawah mata kaki berada dalam neraka.” (HR. Al Bukhari).

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسَوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لاَ يَنْظُرُ اللهُ يَوْمَ القِيَامَةِ إِلَى مَنْ جَرَّ إِزَارَهُ بَطَرًا (متفق عليه)

 

Dari Abu Hurairah radiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Pada hari kiamat nanti Allah SWT tidak melihat orang yang menjulurkan pakaiannya karena sombong.” (Muttafaq ‘alaih).

 

Coba kita perhatikan dua hadits di atas! Hadits yang pertama menjelaskan ancaman bagi orang yang menjulurkan pakaiannya hingga ke bawah mata kaki bukan karena sombong, yaitu dengan ancaman disiksanya bagian yang berada di bawah mata kaki dengan api neraka. Hadits kedua menjelaskan ancaman bagi orang yang isbal karena sombong, yaitu tidak akan dilihat oleh Allah SWT pada hari kiamat. Dengan hal ini, kita dapat mengetahui bahwa orang yang menjulurkan pakaiannya bukan karena kesombongan tetap diharamkan tetapi ancamannya lebih ringan dari pada orang yang melakukannya karena sombong.

 

Dalam riwayat Muslim yang lainnya, Rasulullah shallalllahu alaihi wasallam mengancam orang yang menjulurkan pakaiannya karena sombong dengan empat ancaman yang sangat keras pada hari kiamat nanti, yaitu:

 

1. Allah SWT  tidak akan mengajaknya bicara.

 

2. Allah SWT  tidak akan melihatnya.

 

3. Allah SWT  tidak akan mensucikannya.

 

4. Dia akan mendapatkan adzab yang pedih.

 

عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيَّ rَ قَالَ: ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللهُ يَوْمَ القِيَامَةِ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلاَ يُزَكِّيْهِمْ وَلَـهُمْ عَذَابٌ أَلِيْمٌ. فَقَرَأَهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلاَثَ مِرَارٍ. قَالَ أَبُو ذَرٍّ: خَابُوا وَخَسِرُوا مَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ : الـمُسْبِلُ وَالـمَنَّانُ وَالـمُنْفِقُ سِلْعَتَهُ بِالحَلْفِ الكَاذِبِ (رواه مسلم)

 

Dari Abu Dzar, dari Nabi  Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Ada tiga golongan yang pada hari kiamat nanti tidak diajak bicara oleh Allah U, ia juga tidak dilihat dan tidak pula diri mereka disucikan serta mereka akan mendapatkan adzab yang pedih.” Rasulullah r mengulang-ulang ucapannya itu tiga kali. Abu Dzar berkata: “Kalau begitu sangat merugi mereka, siapa mereka itu wahai Rasulullah?” Rasulullah r bersabda: “Orang yang isbal, orang yang suka mengungkit-ungkit pemberian dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah bohong.” (HR. Muslim).

 

Inilah ancaman bagi orang musbil karena sombong. Apa yang lebih pedih dari keempat ancaman tersebut, masihkah kita meragukan dan enggan untuk meninggalkannya?

 

3. Apakah larangan ini bagi laki-laki dan perempuan?

 

Larangan isbal hanyalah untuk laki-laki. Adapun perempuan disyariatkan menambahkan satu jengkal hingga satu hasta.

 

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallan bersabda:

 

مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلاَءَ لَـمْ يَنْظُرِ اللهُ إِلَيْهِ يَوْمَ القِيَامَةِ فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: فَكَيْفَ تَصْنَعُ النِّسَاءُ بِذُيُولِـهِنَّ، قَالَ: يُرْخِيْنَ شِبْرًا. قَالَتْ: إِذَنْ تَنْكَشِفُ أَقْدَامُهُنَّ . قَالَ: فَيُرْخِيْنَهُ ذِرَاعًا لاَ يَزِدْنَ عَلَيْهِ. (رواه أبو دود والترمذي)

 

“Barang siapa yang menjulurkan 
pakaiannyakarena sombong, Allah U  tidak akan melihatnya di hari kiamat.” Ummu Salamah berkata: “Bagaimana dengan perempuan, apa yang mereka lakukan terhadap ujung pakaian mereka?” Rasulullah r menjawab: “Mereka memanjangkannya satu jengkal.” Ummu Salamah berkata: “Kalau begitu telapak kaki mereka masih terlihat.”  Rasulullah berkata: “Mereka memanjangkannya satu hasta dan jangan lebih dari itu.” (HR. Abu Dawud dan at Tirmidzi).

 

Jadi, larangan isbal ini hanya untuk laki-laki, sedangkan perempuan disyariatkan untuk memanjangkan pakaian mereka satu jengkal hingga satu hasta. Adapun ukuran panjangnya tambahan pakaian wanita ini, berdasarkan riwayat Ath Thabrani dalam Al Ausath dari Anas, yang di nukil oleh Ibnu Hajar dalam Fathul barinya adalah diukur dari tungkai. Dalam riwayat tersebut disebutkan bahwa Nabi r mengukur satu jengkal untuk Fathimah dari tungkainya kemudian bersabda: “Ini adalah panjang ujung pakaian wanita.”

 

4. Panjangnya pakaian yang disunnahkan dan yang diperbolehkan bagi laki-laki.

 

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al Khudri, ia berkata: “Rasulullah  shallallahu alaihi wasallam bersabda:

 

إِزَارُ الـمُسْلِمِ نِصْفُ السَّاقِ وَلاَ حَرَجَ أَوْ لاَ جُنَاحَ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الكَعْبَيْنِ  فَمَا كَانَ أَسْفَلَ مِنَ الكَعْبَيْنِ فَهُوَ فَي النَّارِ وَمَنْ جَرَّ إِزَارَهُ بَطَرًا لَـمْ يَنْظُرِ اللهُ إِلَيْهِ (رواه أبو داود)

 

“Sarung seorang muslim setinggi setengah betis, dan tidak mengapa ia memanjangkannya antara tengah betis dan kedua mata kaki. Apa yang menjulur ke bawah mati kaki berada di nereka dan barang siapa yang menjulurkannya karena sombong tidak akan dilihat oleh Allah U.” (HR. Abu Dawud).

 

Diriwayatkan pula dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: “Suatu kali aku melewati Rasulullah r sedangkan sarungku merosot. Beliau berkata, ‘Wahai hamba Allah U, angkatlah sarungmu!’ Aku pun mengangkatnya, namun beliau berkata lagi, ‘Tambah lagi!’ Maka aku menambahnya. Setelah itu aku selalu berhati-hati agar sarungku tidak merosot lagi. Sebagian orang bertanya kepada Rasulullah, ‘Sampai mana?’  Beliau menjawab, ‘Hingga setengah betis.” (HR. Muslim).

 

Jabir bin Salim t juga meriwayatkan, bahwa rasulullah  r bersabda:

 

إِرْفَعْ إِزَارَكَ إِلىَ نِصْفِ السَّاقِ فَإِنْ أَبَيْتَ فَإِلَى الكَعْبَيْنِ

 

“Angkatlah sarungmu hingga setengah betis, jika kamu tidak mau, maka turunkanlah hingga mata kaki!” (HR. Abu Dawud).

 

Hadits-hadits di atas menunjukkan bahwa seorang laki-laki disyariatkan mengangkat pakaiannya hingga tengah betis dan ini yang lebih utama, dan diperbolehkan baginya untuk memanjangkannya hingga mata kaki. Jadi, tidak

 

mengapa seorang laki-laki memanjangkan celana, sarung atau pakaiannya yang lain antara tengah betis dan kedua mata kaki.

 

5. Kesungguhan Umar bin Khaththab dalam menjauhi isbal.

 

Mungkin anda ingat dengan kisah terbunuhnya Umar bin Khaththab. Setelah ditikam oleh Abu Lu’luah al Majusi di masjid pada bagian perutnya, Umar segera dibawa pulang ke rumahnya. Beliau diberi minuman nabidz kemudian beliau meminumnya, tetapi minuman itu keluar kembali dari perutnya yang ditikam. Beliau juga diberi minum susu, namun susu itu keluar dari perutnya setelah beliau meminumnya. Pada saat itu datanglah seorang pemuda yang memuji dan menyebut-nyebut kebaikan Umar. Orang tersebut pakaiannya terjulur hingga ke bawah mata kaki. Umar Radiallahu 'anhu yang sedang dalam keadaan seperti itu,

 

ketika melihat pakaian pemuda tersebut terjulur ke bawah mata kaki, beliau memperingatkannya dengan mengatakan: “Wahai saudaraku, angkatlah pakaianmu!

 
 

Buletin Bina Ummahat diterbitkan oleh Daar Ummahat al-Binaa Islamic Boarding School Bekasi setiap pekan. Infaq Rp.500,-/eks Penasehat: Ustadz Nuralim,Lc, Ketua: Ummu Farhad; Sekretaris: Ummu Khaulah;

Keuangan: Ummu Faiz;

Sidang Redaksi: Ummu Faqihah, Ummu Hazim;.Redaksi menerima naskah yang sesuai dengan misi dakwah Bina Ummahat. Sampaikan saran dan kritik ummahat tentang bulletin ini melalui no 081384095651/ 081398151674

BERMINAT UNTUK BERLANGGANAN…???
Hubungi C Distributor kami : Ummu Salman: È021 33111484


Sesungguhnya hal itu akan lebih bersih bagi pakaianmu dan lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Rabbmu.”

Perhatikanlah sikap Umar ini, beliau dalam keadaan sakit yang membawa dirinya kepada kematian, namun beliau tidak menyepelekan perkara isbal dan memperingatkan orang melakukan isbal.

 

Inilah sunnah Rasulullah r dalam berpakaian, tentunya seorang muslim yang mengaku dirinya mencintai dan mentaati Rasulnya tidak akan menunda-nunda lagi untuk mengamalkan sunnahnya. Semoga Allah U memasukkan kita ke dalam golongan orang yang mencintai dan mengamalkan sunnah. Washallallahu ‘ala Muhammad wa’laa alihi washahbihi wasallam. (Abu Farhad Nuralim )

 

Maraji’:

  1. Fathul Bari, Ibnu Hajar al Asqalani.
  2. Riyadhushalihin lil Imam an Nawawi ma’a syarhihi libni Utsaimin.
  3. Al Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir.

 

General Profile

Populer Bulan Ini

  • 1

Baca Pula

  • Seminar Pendidikan bersama Al Binaa di Batam +

    Read More
  • Kajian Muslimah Dan Santunan Yatim Al Binaa +

    Read More
  • PSB Online 2018 +

    Read More
  • 1
Best UK Bookis w.betroll.co.uk Will Hill

Charity

  • Kajian Muslimah Dan Santunan Yatim Al Binaa
  • Pemasangan AC Central di Asrama Putra
  • Pembagian Mushaf
  • Laporan Sunduq Yatim Maret 2013

Alhamdulillah tidak kurang dari 80 orang Jama'ah Kajian ruitn rabu Lembah Hijau Lippo Cikarang telah berkunjung ke Al Binaa dalam

Read More

Alhamdulillah segala puji hanya milik Dzat Allah Jalla wa 'Ala, In sya Allah untuk memenuhi salah satu kenyamanan para santri

Read More

Alhamdulillah, Pada awal tahun 2015 Al Binaa menerima amanah berupa kepercayaan dari muhsinin untuk menyalurkan sejumlah Mushaf/Al Qur'an kepada kaum

Read More

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Jalla Wa'ala semata. Dia-lah yang menggenggam seluruh urusan hati para hambanya. Ucapan terimakasih dan

Read More

Kegiatan Ma'had

  • Seminar Pendidikan bersama Al Binaa di Batam +

    Alhamdulillah, atas karunia dan taufiq Allah Jalla wa 'Ala event yang sangat dinantikan oleh para orang tua di Kota Batam

    Read More
  • Al Binaa Menyapa Muslim di Wamena Papua +

    Alhamdulillah, di bulan yang penuh barokah, bulan penuh dengan ampunan dan bulan dimana pahala kaum muslimin dilipatgandakan oleh Allah Jalla

    Read More
  • PULDAPII, Pelatihan Kepengasuhan Berbasis Adab +

    Alhamdulillah, atas karunia dan taufik Allah Jalla wa 'Ala Pelatihan Kepengasuhan Berbasis Adab yang diselenggrakan oleh PULDAPII (Perkumpulan Lembaga Dakwah

    Read More
  • Visitasi Mu'adalah UIM di Al Binaa +

    Alhamdulillah setelah melengkapi semua berkas proses "Mu'adalah" dengan Universitas Islam Madinah (UIM) untuk menuju bahwa Pesantren Al Binaa adalah salah

    Read More
  • Hari Pertama KBM Semester Genap 2016-2017 +

    Bismillah wal hamdulillah atas karunia dan taufik-Nya seluruh jajaran Al Binaa telah melaksanakan kegiatan perdana di hari pertama Kegiatan Belajar

    Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Tausiyah

  • ISBAL +

    ISBAL

    Edisi 7 /Thn 2 Jumadats Tsani 1430

    Dalam rangka menghidupkan sunnah di tengah kaum muslimin, khususnya diri kita dan

    Read More
  • MENGHUKUM ANAK MENURUT ISLAM #2 +

    MENGHUKUM ANAK MENURUT ISLAM

    (Bag. 2)

    Buletin Edisi 9 /Thn 2 Jumadats Tsani 1430

    Adapun jalan yang telah dibukakan Rasulullah

    Read More
  • Ibunda Mujahidin Sejati +

    Ibunda Mujahidin Sejati

    Buletin Edisi 2/Thn3 Rabi'ul Awal 1430

    Al khansa adalah julukan seorang wanita yang bernama Tumazhir binti ‘Amru

    Read More
  • MENGHUKUM ANAK MENURUT ISLAM #1 +

    MENGHUKUM ANAK MENURUT ISLAM

    Buletin Edisi 8/Thn 2 Jumadats Tsani 1430

    Anak adalah belahan hati kita, hiasan kita di dunia

    Read More
  • Rahasia Surat Al Kahfi +

    Surah agung ini dinamakan surah Al Kahfi karena didalamnya disebutkan kisah pemuda Al Kahfi. Mengulas kisah mereka, Allah menyajikannya dengan

    Read More
  • 1

Artikel

  • Prinsip Dalam Islam, Jaga Aqidah Anda ....! +

    Dalam hidup, manusia tidak lepas dari berbagai aturan yang mengikatnya. Seorang siswa terikat dengan aturan-aturan sekolahnya. Seorang pegawai terikat dengan

    Read More
  • Musik Dalam Timbangan Syariat Islam +

    Zaman kenabian semakin jauh berlalu; ajaran agama sudah semakin usang bagi para pemeluknya. Sebaliknya, kemaksiatan, dengki, kepalsuan dan permusuhan semakin

    Read More
  • Muhasabah di Penghujung Tahun 1436 Hijriah +

    Malam dan siang datang silih berganti membawa beragam kemaslahatan bagi kehidupan dengan segala perbedaan yang ada pada keduanya, panas, dingin,

    Read More
  • Meraih Kemuliaan 10 hari Pertama di Dzulhijjah +

    Alhamdulillah, kita telah berada di awal bulan Dzulhijjah. Hari yang sangat kita nanti, karena sepuluh hari pertama di bulan ini

    Read More
  • Keutamaan Shaum 'Asura +

    Alhamdulillah, segala puji hanya milik-Nya semata, shalawat serta salam kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, para shahabatnya dan kepada siapa

    Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Agenda

  • Seminar Pendidikan Bersama Dr. Adian Husaeni +

    Alhamdulllah, atas rahmat dan taufiq Allah Jalla wa 'Ala kegiatan Seminar Pendidikan dengan Tema Pendidikan Akhlak dan Karakter sebagai Pilar

    Read More
  • Hasil Kelulusan PSB SMA Al Binaa 2017 +

    Alhamdulillah pelaksanaan Tes PSB SMA Al Binaa tahun 2017 telah selesai dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18-20 Februari 2017.

    Read More
  • Penghargaan Gubernur Jawa Barat Untuk Fikri Makarim Sosrianto +

    Alhamdulillah, segala puji dan syukur dipanjatkan kepada Allah Tabaaroka wa Ta'ala atas segala nikmat dan taufiq yang telah dilimpahkan-Nya. Bersamaan

    Read More
  • Grand Opening Usbu' Tsaqofy 2016 Putri +

    Alhamdulillah, acara Grand Opening Usbu’ Tsaqofy 2016 telah terlaksana pada Jum’at, 16 Juni 2016 sesuai dengan apa yang kami rencanakan.

    Read More
  • Kunjungan AKPOL Semarang Ke Al Binaa IBS +

    Bekasi (4/6) Dalam rangka menyambung silaturahmi dengan Al Binaa Islamic Boarding School, Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang mengirim beberapa perwakilan tarunanya

    Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6

    

How to get bonus http://f.betroll.co.uk/ Betfair