Haflah Iftitah 2018

Haflah iftitah atau biasa disebut upacara pembukaan awal tahun ajaran yang kali ini diadakan pada hari ahad, 8 juli 2018. Bertempat di RSG 1 albinaa. Dihadiri oleh seluruh staf pengajar albinaa putra maupun putri, santri baru albinaa putra/i beserta orang tua mereka. Adapun jumlah santri baru yang mengikuti acara tersebut adalah, 199 santri putra dan 109 santri putri.

Pagi yang cerah menerpa hari yang ditunggu-tunggu santri baru. Ini adalah hari yang sangat spesial bagi mereka. Berbondong-bondong datang dari segala penjuru negeri untuk menghadiri acara haflah iftitah. Kenapa hari ini spesial bagi mereka? karena hari inilah mereka menjadi seorang santri!

Ketika kendaraan mereka memasuki gerbang albinaa. Mereka disambut oleh ustadz rayis dan ust hayin, disana mereka dibagikan buku panduan haflah iftitah, yang berisi tentang tata tertib dan daftar kamar asrama mereka. Setelah memparkirkan kendaraan mereka. Meja registrasi yang panjang menanti mereka. Dibalik meja tersebut terdapat wajah-wajah dengan senyum merekah, ya mereka adalah para ustadz dan ustadzah baik dari wali kelas ataupun dari guru asrama mereka nantinya. Proses registrasi akhirnya mereka lewati. Kemudian mereka di dampingi oleh salah satu ustadz untuk menunggu di suatu lokasi sebelum mereka memasuki ruang acara. Untuk santri putri transit di GSG sedangkan santri putra transit di masjid syaikhoh al ‘anuud. Mereka di ruangan transit tersebut hingga pukul 08.25. Jarum jam pun menunjukkan hampir pukul 08.30, para santri baru berbaris rapi dan bersama-sama memasuku ruangan acara haflah ifititah yang diadakan di RSG 1 albinaa. Suasana gegap gempita dan haru menyambut rombongan generasi baru Islam ini hingga mereka menempati tempat duduk masing-masing.
Tiba-tiba lampu di ruangan mati. Ini menandakan acara pertama dimulai yaitu pemutaran dokumentasi penerimaan santri baru 2018. Kemudian sesisi ruangan disambut oleh suara MC yang dibawakan oleh ustadz Faiz. Sambutan pertama disampaikan oleh al ustadz sulaeman, S.Pd, M.M selaku kepala sekolah SMP IT albinaa. Dilanjutkan oleh sambutan dari perwakilan wali santri Dr. Cuk Imawan, M.Si. Setelah itu pimpinan pesantren al ustadz Aslam Muhsin Abidin, Lc menyampaikan sambutannya. Selanjutnya akad serah terima antara perwakilan wali santri dan pesantren pun dilakukan. Dilanjutkan pembacaan ikrar santri albinaa. Acara selanjutnya adalah pemaparan tentang administrasi sekolah dari bendahara pesantren, al ustadz Asep Dawami, S.Ag. Setelah itu santri baru dapat mendatangi masing-masing kamar mereka di asrama muzdalifah.
Besoknya acara pekan perkenalan (Usbu Ta’aruf) akan mereka jalani. Semoga niat kalian menuntut ilmu di albinaa diganjar surga oleh Allah ta’ala. Baarakallahu fiikum.

2018-07-12T09:39:58+00:00 9 July 2018|Kegiatan|Comments Off on Haflah Iftitah 2018