Text Size
19 Nov, 2017
  • Maklumat Infak Bulanan Tahun Ajaran 2017-2018

Bismillah wal hamdulillah, semoga bapak ibu wali santri Al Binaa ada dalam keadaan sehat wal-afiat dan selalu dimudahkan dalam segala urusannya. Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun pelajaran 2016-2017 yaitu di

Read More

Meraih Kemuliaan 10 hari Pertama di Dzulhijjah

Alhamdulillah, kita telah berada di awal bulan Dzulhijjah. Hari yang sangat kita nanti, karena sepuluh hari pertama di bulan ini merupakan hari-hari yang sangat diagungkan,banyak keberhkahan dan kemuliaan yang dapat kita raih sebagai bekal terbaik kita di akhirat kelak. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengkhususkan 10 hari pertama di bulan ini dengan berbagai keutamaan, menjadikan hari-hari ini sebagai hari-hari yang paling baik sepanjang tahun (khairu Ayyam as Sanah), karenanya Allah Jalla wa ‘Alaa bersumpah menegaskan kemuliaan dan keagungannya:

 

وَالْفَجْرِ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍ (2)

Demi fajar, dan malam yang sepuluh.” (Q.S. Al Fajr: 1-2).

Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘Anhuma dan para ulama tafsir yang lain menjelaskan bahwa maksud dari malam yang sepuluh itu adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang paling baik untuk menunaikan amal sholeh. Tentang keutamaan amal shaleh yang dikerjakan di hari-hari ini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

(( مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ - يعني العشر الأول من شهر ذي الحجة - قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ؟ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ)) .

Tiada hari-hari yang amal shalih di dalamnya paling dicintai oleh Allah dari pada hari-hari itu.” Yakni sepuluh hari itu (di bulan Dzulhijjah). Para shahabat bertanya: Wahai Rasulullah, tidak pula jihad di jalan Allah?. Beliau menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat dengan jiwa dan hartanya dan tidak kembali dengan membawa sedikitpun dari semua itu.” (HR. Bukhari).

Di antara rahasia keutamaan dan keagungan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah karena di rentetan hari-hari inilah berbagai amalan besar umat Islam berkumpul. dan itu tidak terjadi kecuali hanya di hari-hari yang sangat agung ini. Shiyam Fardhu ada waktunya tersendiri, yakni di bulan Ramadhan. Tetapi ibadah-ibadah agung seperti Shalat, Shiyam, Haji, dan Zakat tidak mungkin berkumpul seluruhnya kecuali di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah yang sangat mulia di sisi Allah Ta’ala ini.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga telah menjadikan hari-hari yang sepuluh ini sebagai musim untuk menunaikan ibadah haji ke Baitul Haram. Di antara hari-hari ini adalah Yaum Tarwiyah, yaitu hari kedelapan Dzulhijjah, dimana para jama’ah haji sedang bergegas menuju Mina seraya mengumandangkan Talbiyah untuk memulai pelaksanaan manasik haji yang agung. Selain itu juga ada Yaumu ‘Arafah, hari yang paling baik dari semua hari dimana matahari terbit dihari itu. Kemudian ada Yaum an Nahr, yaitu hari yang paling agung di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala, sebagaimana telah Shahih dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwasanya beliau bersabda:

((أَعْظَمُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللَّهِ يَوْمُ النَّحْرِ)) .

Hari yang paling agung di sisi Allah adalah Yaum an Nahr.” (HR. Al Hakim).

Inilah beberapa keutamaan dan keagungan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Nah, Apa yang telah kita persiapkan untuk menyambut hari-hari yang penuh berkah ini? Apakah hari-hari yang begitu agung ini akan kita lewati sebagaimana hari-hari seperti biasanya? Orang-orang yang memiliki keimanan yang jujur tentu akan menyambutnya dengan penuh kesungguhan, akan bertekad untuk memakmurkan hari-harinya dengan berbagai amal kebaikan, karena hari-hari ini adalah saat-saat terbaik untuk beramal sholeh dan bertaqorrub kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Lemahnya iman dan banyaknya dosa adalah sebab seseorang terhalang dari berbagai kebaikan. Dosa-dosa itu menyebabkan jalan-jalan kebaikan menjadi remang, menjadikan hati seseorang semakin enggan berbuat kebaikan meskipun di waktu-waktu yang diutamakan. Oleh karena itu, 10 hari pertama Dzulhijjah yang agung ini hendaknya kita sambut dengan Taubat Nashuha, Taubat dari berbagai dosa dan kelalaikan. Kita hadapkan diri sepenuhnya kepada Allah Jalla wa ‘Ala, dengan banyak berdo’a dan berdzikir kepada-Nya.

Dan tentu, hal terpenting yang harus kita jaga di hari-hari yang sepuluh ini adalah kewajiban-kewajiban agama, dan yang paling utama adalah Shalat wajib lima waktu. Para ulama mewasiatkan khususnya di hari-hari yang sepuluh ini dan juga di selainnya, agar setiap kaum muslimin lebih semangat menunaikannya di awal waktu, menjaga rukun-rukun dan segala hal yang diwajibkan dan disunnahkan dalam Shalat. Karena tidak ada amal yang paling dicintai Allah melebihi amalan-amalan yang telah diwajibkan-Nya atas para hamba-Nya. Allah berfirman dalam hadits Qudsi:

(( مَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِي بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ))

Dan tidaklah salah seorang hamba-Ku bertaqorrub kepada-Ku dengan sesuatu yang paling aku cintai daripada apa-apa yang telah aku wajibkan atasnya.” (HR. Bukhari).

Bila Shalat wajib lima waktu ini mampu kita jaga sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, lebih awal datang ke Masjid,  khusyu’ saat menunaikannya, duduk di Masjid dengan Thuma`ninah sesudahnya, seraya memohon pertolongan kepada Allah Jalla wa ‘Alaa dengan penjagaan kita terhadap kewajiban Shalat, maka niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan pertolongan-Nya sehingga kita berkemampuan untuk menunaikan berbagai amal kebaikan lainnya. Allah Jalla wa ‘Alaa berfirman:

(( وَاسْتَعِيْنُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاة ))

Mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan Shalat.” (Q.S. Al Baqoroh:

Selain itu, ibadah puasa juga disyareatkan di hari-hari pertama bulan Dzulhijjah karena masuk dalam keumuman sabda Nabi Shallallahu ‘Alahi wa Sallam (   مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ ). Puasa di hari-hari ini dikenal dengan Shiyam ‘Asyr Dzilhijjah, maksudnya puasa Sembilan hari di bulan Dzulhijjah, dan hari ke 10 tidak termasuk di dalamnya, karena berpuasa di Yaum an Nahr adalah haram. Pada hari ‘Arafah, tepatnya hari ke 9 Dzulhijjah bagi kaum muslimin yang tidak berkesempatan untuk berhaji ke Baitullah, maka disunnahkan bagi mereka untuk berpuasa. Maka jangan lewatkan puasa di hari yang agung ini karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah bersabda tentang keutamaannya:

(( أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ))

Saya berharap kepada Allah, bahwa (Shaum ‘Arafah) akan menghapus (dosa-dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.” (HR. Bukhari).

Amalan lain yang disyareatkan di bulan mulia ini adalah bertaqorrub kepada Allah dengan menyembelih hewan Udhhiyah di hari raya Iedul Adhha dan pada hari-hari tasyriq sesudahnya. Menyertai para jama’ah haji dalam amal agung yaitu Nahrul Hadaya, Allah Jalla wa ‘Alaa berfirman:

(( لَنْ يَنَالَ اللهَ لُحُوْمُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا، وَلَكِن يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُم))

Daging-daging Unta dan darah-darahnya itu sekali-kali tidak mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (Q.S Al Hajj: 37).

‘Udhiyah adalah sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah). Bagi yang berkemampuan disyareatkan untuk berniat lebih awal sebelum memasuki bulan Dzulhijjah dan tidak mengakhirkan niatnya sampai menjelang ‘Iedul ‘Adha, karena memang ibadah ini memiliki keterikatan kuat dengan 10 hari pertanya Dzulhijjah yang agung, maka bagi kaum muslimin yang hendak menunaikannya tidak diperbolehkan untuk memotong kuku dan rambutnya sebaigai bentuk taqorrub kepada Allah ‘Azza wa Jalla sejak memasuki hari pertama Dzulhijjah hingga usai menyembelih ‘Udhiyahnya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

(( إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ العَشْرَ وَأَرَادَ أَحَدُكُم أَنْ يُضَحِّيَ فَلَا يَمَسَّ مِنْ شَعْرِهِ شَيْئًا))

Apabila salah seorang dari kalian memasuki hari yang sepuluh sedang ia berniat untk berudhiyyah, maka janganlah ia mencukur rambutnya sedikit pun.

Di hari-hari yang penuh berkah ini juga disyareatkan untuk memperbanyak amal-amal kebaikan seperti berbakti kepada orang tua, menyambung tali kekeluargaan, menjenguk orang sakit, bersedekah, menafkahi sanak saudara dan segala jenis perbuatan baik lainnya, karena semuanya masuk dalam keumuman sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang menyebut amal sholeh secara Ithlaaq.

(( مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ - يعني العشر الأول من شهر ذي الحجة - قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ؟ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ)) .

Tiada hari-hari yang amal shalih di dalamnya paling dicintai oleh Allah dari pada hari-hari itu.” Yakni sepuluh hari itu (di bulan Dzulhijjah). Para shahabat bertanya: Wahai Rasulullah, tidak pula jihad di jalan Allah?. Beliau menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat dengan jiwa dan hartanya dan tidak kembali dengan membawa sedikitpun dari semua itu.” (HR. Bukhari).

Maka apa pun jenis kebaikan yang hati kita terbuka untuk menunaikannya, maka bersungguh-sungguhlah untuk mengupayakannya sesegera mungkin di hari-hari yang agung dan penuh barokah ini. Karena boleh jadi, inilah kesempatan terakhir kita berjumpa dengan sepuluh hari yang mulia ini. Sungguh, penyesalan dan kerugianlah bagi mereka yang selalu menunda-nunda kebaikan. Semoga taufiq dan rahmat Allah Jalla wa ‘Alaa senantiasa menyertai kita sehingga 10 hari yang agung ini dapat kita jadikan sebagai tangga untuk menggapai kebaikan, menjadi momentum untuk meraup keuntungan akhirat, meraih keridhaan dan ampunan-Nya, amiin.

Ditulis Oleh: ( Abu Naviesah Ust Andi Ahmad, S.PdI ) Bekasi, 1 Dzulhijjah 1436

Populer Bulan Ini

  • 1

Baca Pula

  • Seminar Pendidikan bersama Al Binaa di Batam +

    Read More
  • Kajian Muslimah Dan Santunan Yatim Al Binaa +

    Read More
  • PSB Online 2018 +

    Read More
  • 1
Best UK Bookis w.betroll.co.uk Will Hill

Charity

  • Kajian Muslimah Dan Santunan Yatim Al Binaa
  • Pemasangan AC Central di Asrama Putra
  • Pembagian Mushaf
  • Laporan Sunduq Yatim Maret 2013

Alhamdulillah tidak kurang dari 80 orang Jama'ah Kajian ruitn rabu Lembah Hijau Lippo Cikarang telah berkunjung ke Al Binaa dalam

Read More

Alhamdulillah segala puji hanya milik Dzat Allah Jalla wa 'Ala, In sya Allah untuk memenuhi salah satu kenyamanan para santri

Read More

Alhamdulillah, Pada awal tahun 2015 Al Binaa menerima amanah berupa kepercayaan dari muhsinin untuk menyalurkan sejumlah Mushaf/Al Qur'an kepada kaum

Read More

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Jalla Wa'ala semata. Dia-lah yang menggenggam seluruh urusan hati para hambanya. Ucapan terimakasih dan

Read More

Kegiatan Ma'had

  • Seminar Pendidikan bersama Al Binaa di Batam +

    Alhamdulillah, atas karunia dan taufiq Allah Jalla wa 'Ala event yang sangat dinantikan oleh para orang tua di Kota Batam

    Read More
  • Al Binaa Menyapa Muslim di Wamena Papua +

    Alhamdulillah, di bulan yang penuh barokah, bulan penuh dengan ampunan dan bulan dimana pahala kaum muslimin dilipatgandakan oleh Allah Jalla

    Read More
  • PULDAPII, Pelatihan Kepengasuhan Berbasis Adab +

    Alhamdulillah, atas karunia dan taufik Allah Jalla wa 'Ala Pelatihan Kepengasuhan Berbasis Adab yang diselenggrakan oleh PULDAPII (Perkumpulan Lembaga Dakwah

    Read More
  • Visitasi Mu'adalah UIM di Al Binaa +

    Alhamdulillah setelah melengkapi semua berkas proses "Mu'adalah" dengan Universitas Islam Madinah (UIM) untuk menuju bahwa Pesantren Al Binaa adalah salah

    Read More
  • Hari Pertama KBM Semester Genap 2016-2017 +

    Bismillah wal hamdulillah atas karunia dan taufik-Nya seluruh jajaran Al Binaa telah melaksanakan kegiatan perdana di hari pertama Kegiatan Belajar

    Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Tausiyah

  • ISBAL +

    ISBAL

    Edisi 7 /Thn 2 Jumadats Tsani 1430

    Dalam rangka menghidupkan sunnah di tengah kaum muslimin, khususnya diri kita dan

    Read More
  • MENGHUKUM ANAK MENURUT ISLAM #2 +

    MENGHUKUM ANAK MENURUT ISLAM

    (Bag. 2)

    Buletin Edisi 9 /Thn 2 Jumadats Tsani 1430

    Adapun jalan yang telah dibukakan Rasulullah

    Read More
  • Ibunda Mujahidin Sejati +

    Ibunda Mujahidin Sejati

    Buletin Edisi 2/Thn3 Rabi'ul Awal 1430

    Al khansa adalah julukan seorang wanita yang bernama Tumazhir binti ‘Amru

    Read More
  • MENGHUKUM ANAK MENURUT ISLAM #1 +

    MENGHUKUM ANAK MENURUT ISLAM

    Buletin Edisi 8/Thn 2 Jumadats Tsani 1430

    Anak adalah belahan hati kita, hiasan kita di dunia

    Read More
  • Rahasia Surat Al Kahfi +

    Surah agung ini dinamakan surah Al Kahfi karena didalamnya disebutkan kisah pemuda Al Kahfi. Mengulas kisah mereka, Allah menyajikannya dengan

    Read More
  • 1

Artikel

  • Prinsip Dalam Islam, Jaga Aqidah Anda ....! +

    Dalam hidup, manusia tidak lepas dari berbagai aturan yang mengikatnya. Seorang siswa terikat dengan aturan-aturan sekolahnya. Seorang pegawai terikat dengan

    Read More
  • Musik Dalam Timbangan Syariat Islam +

    Zaman kenabian semakin jauh berlalu; ajaran agama sudah semakin usang bagi para pemeluknya. Sebaliknya, kemaksiatan, dengki, kepalsuan dan permusuhan semakin

    Read More
  • Muhasabah di Penghujung Tahun 1436 Hijriah +

    Malam dan siang datang silih berganti membawa beragam kemaslahatan bagi kehidupan dengan segala perbedaan yang ada pada keduanya, panas, dingin,

    Read More
  • Meraih Kemuliaan 10 hari Pertama di Dzulhijjah +

    Alhamdulillah, kita telah berada di awal bulan Dzulhijjah. Hari yang sangat kita nanti, karena sepuluh hari pertama di bulan ini

    Read More
  • Keutamaan Shaum 'Asura +

    Alhamdulillah, segala puji hanya milik-Nya semata, shalawat serta salam kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, para shahabatnya dan kepada siapa

    Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Agenda

  • Seminar Pendidikan Bersama Dr. Adian Husaeni +

    Alhamdulllah, atas rahmat dan taufiq Allah Jalla wa 'Ala kegiatan Seminar Pendidikan dengan Tema Pendidikan Akhlak dan Karakter sebagai Pilar

    Read More
  • Hasil Kelulusan PSB SMA Al Binaa 2017 +

    Alhamdulillah pelaksanaan Tes PSB SMA Al Binaa tahun 2017 telah selesai dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18-20 Februari 2017.

    Read More
  • Penghargaan Gubernur Jawa Barat Untuk Fikri Makarim Sosrianto +

    Alhamdulillah, segala puji dan syukur dipanjatkan kepada Allah Tabaaroka wa Ta'ala atas segala nikmat dan taufiq yang telah dilimpahkan-Nya. Bersamaan

    Read More
  • Grand Opening Usbu' Tsaqofy 2016 Putri +

    Alhamdulillah, acara Grand Opening Usbu’ Tsaqofy 2016 telah terlaksana pada Jum’at, 16 Juni 2016 sesuai dengan apa yang kami rencanakan.

    Read More
  • Kunjungan AKPOL Semarang Ke Al Binaa IBS +

    Bekasi (4/6) Dalam rangka menyambung silaturahmi dengan Al Binaa Islamic Boarding School, Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang mengirim beberapa perwakilan tarunanya

    Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6

    

How to get bonus http://f.betroll.co.uk/ Betfair