Mu’adalah (akreditasi) Universitas Islam Madinah (UIM) di Al Binaa

/, Prestasi/Mu’adalah (akreditasi) Universitas Islam Madinah (UIM) di Al Binaa

Mu’adalah (akreditasi) Universitas Islam Madinah (UIM) di Al Binaa

Pesantren Al Binaa adalah salah satu diantara ratusan lembaga pendidikan Islam yang ingin diakui oleh Universitas Islam Madinah dari sisi manhaj ad-dirosi dan yang lainnya. Maka tepatnya pada hari Rabu, 1 Rajab 1438 bertepatan 29 Maret 2017 telah dilakukan proses kunjungan oleh petugas akreditasi dari UIM yaitu Syeikh DR. Abdul Karim bin Isa Ar-Ruhaily Hafidzahullah.

Alhamdulillah proses kunjungan berjalan lancar, Syeikh DR. Abdul Karim bin Isa Ar-Ruhaily yang didampingi oleh Pimpinan Pesantren Ustadz Aslam Muhsin Abidin, Lc, Ustadz Ali Saman Hasan, Lc, dan mewakili unsur dari majlis ma’had berkeliling memasuki ruang-ruang yang dikunjungi. Ruang pertama yang dikunjungi adalah Kantor SDIT Al Binaa yang mana SDIT Al Binaa adalah seluruh santrinya anak-anak yatim dan anak-anak keluarga besar Al Binaa. Kemudian menuju semua ruang kelas dari mulai SD sampai SMA dan masya Allah tidak ada satupun kelas yang tidak dikunjungi oleh Syeikh. Begitu juga dengan ruang perkantoran dan laboratorium.

Syeikh DR. Abdul Karim bin Isa Ar-Ruhaily memberikan apresiasi dengan system database Al Binaa ketika diterangkan langsung oleh Pimpinan Pesantren dan petugas entry data Ust. Muhammmad Dani Nurwanto, S.Pd sekaligus pembuat aplikasinya di ruang Tata Usaha. Database Al Binaa mulai dari data guru, data siswa, data penilaian, data absensi dan data penerimaan siswa baru Al Binaa semuanya sudah terintegrasi secara komputerisasi.

Proses kunjungan selanjutnya adalah sinkronisasi data baik data jumlah guru, santri serta karyawan, begitu pula tentang sistem penilaian santri untuk naik kelas. Proses ini diikuti oleh Pimpinan Pesantren, Sekretaris, kepala sekolah SMP dan SMA, bendahara dan mudir tanfidzi aitam beserta panitia bertempat di ruang Idaroh Pesantren Al Binaa. Dan Alhamdulillah proses sinkronisasi data ini berjalan lancar tidak ada hambatan yang dianggap berat. Jawaban-jawaban cukup normal sesuai dengan keinginan penanya. Dipenghujung acara Al Binaa yang diwakili Pimpinan Pesantren menyerahkan kenang-kenangan kepada DR. Abdul Karim bin Isa Ar-Ruhaily. Dan Insya Allah hasil penilaian mu’adalah UIM akan keluar di bulan Syawwal 1438 H.

Alhamdulillah ucapan terimakasih dan penghargaan kepada asaatidz yang sebesar-besarnya khususnya guru-guru yang tergabung di tim panitia mu’adalah UIM yang sudah mengorbankan seluruh perhatian dan waktunya untuk proses mu’adalah UIM ini. Panitia mu’adalah ini yang diketuai oleh Ustadz Agung Wahyu Adhy, Lc bersama panitia lainya sudah berupaya maksimal dalam memenuhi kriteria dan standar penilaian dari visitor UIM. Alhamdulillah sangat banyak hikmah yang diambil dalam proses mu’adalah UIM ini. Mudah-mudahan dengan usaha yang sangat serius ini Allah Jalla wa ‘Ala memberikan hasil yang terbaik untuk Pesantren Al Binaa.

 

2018-02-01T11:14:36+00:00 1 April 2017|Kegiatan, Prestasi|Comments Off on Mu’adalah (akreditasi) Universitas Islam Madinah (UIM) di Al Binaa