Sedari Dini, Bentuklah Karakter Mereka

Di antara kebutuhan primer yang diperlukan anak-anak adalah perhatian terhadap pembinaan akhlak dan karakternya. Karena pada dasarnya anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan karakter yang diperlihatkan dan diajarkan kepadanya semenjak kecil dari mulai emosi, keras kepala, tergesa-gesa, dan sifat-sifat lainnya

Imbasnya, anak akan kesulitan untuk meninggalkan karakter dan sifat tersebut sampai masa dewasa sekalipun, karena sudah menjadi karakter dan sifat yang melekat kuat pada dirinya, sekalipun dia menutupi karakternya tersebut pasti ada masa watak dan karakter bawaan tersebut akan muncul menyeruak dalam tindakannya kelak.

Hal ini banyak disaksikan dalam kehidupan sehari-hari, orang dengan akhlak yang kurang terpuji lahir dari hasil pendidikan yang keliru di waktu kecil.

Oleh karenanya, hendaknya orang tua menjauhkan anaknya semenjak kecil dari tempat-tempat maksiat, dari musik, dan dari suasana lingkungan yang penuh dengan kata-kata kotor dan kasar. Karena ketika anak sudah terbiasa bahkan menyukai hal tersebut akan susah untuk melepaskannya sampai dewasa sekalipun.

Termasuk dalam hal ini adalah game online yang saat ini sudah mewabah dan menjamur sampai anak kecil.
Hendaknya anak tidak diberikan akses untuk bermain game online yang bisa menghancurkan masa depan anak, karena hal ini bisa bersifat candu, membuat anak ketagihan sampai dewasa mengorbankan banyak hal termasuk pendidikannya.

Merubah kebiasaan, merubah karakter adalah hal yang sangat sulit yang membutuhkan usaha besar untuk memunculkan karakter baru. Oleh sebab itu mari biasakan dan tanamkan akhlak yang baik kepada anak sedari dini.

✍ Penulis : Ustadz Irfan Halim, Lc
*Tim Rubrik Kajian Ilmiyah Al Binaa Menyapa*

2018-02-21T11:38:41+00:00 20 February 2018|Artikel Islam|Comments Off on Sedari Dini, Bentuklah Karakter Mereka