Shalat Tarwih

Shalat tarwih adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim laki-laki dilakukan bersama imam di masjid. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

من قام مع الإمام حتى ينصرف كٌتب له قيام ليلة _ رواه أهل السنن

“Barangsiapa berdiri melaksanakan shalat di malam hari (bulan Ramadhan) bersama imam hingga sang imam itu selesai dari shalatnya, niscaya akan dicatat baginya pahala seorang yang berdiri semalaman melaksanakan shalat.”.

Adapun bagi wanita, maka lebih afdhal bagi mereka untuk menghiasi malam-malamnya dengan melaksanakan shalat malam (shalat lail) di rumah-rumahnya. Dan jika ada maslahat bagi mereka ketika hadir dalam pelaksanaan shalat tarwih di masjid, maka tentu menghadirinya adalah baik. Dalam hadits yang disebutkan dalam musnad imam Ahmad;

عن أُمِّ حُمَيْدٍ امْرَأَةِ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ أَنَّهَا جَاءَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُحِبُّ الصَّلاةَ مَعَكَ قَالَ قَدْ عَلِمْتُ أَنَّكِ تُحِبِّينَ الصَّلاةَ مَعِي وَصَلاتُكِ فِي بَيْتِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي حُجْرَتِكِ وَصَلاتُكِ فِي حُجْرَتِكِ خَيْرٌ مِنْ صَلاتِكِ فِي دَارِكِ وَصَلاتُكِ فِي دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي مَسْجِدِ قَوْمِكِ وَصَلاتُكِ فِي مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي مَسْجِدِي قَالَ فَأَمَرَتْ فَبُنِيَ لَهَا مَسْجِدٌ فِي أَقْصَى شَيْءٍ مِنْ بَيْتِهَا وَأَظْلَمِهِ فَكَانَتْ تُصَلِّي فِيهِ حَتَّى لَقِيَتْ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ . رواه الإمام أحمد

“Dari Ummu Humaid, istri Abu Humaid As Sa’idie, pernah Beliau datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata; Saya sangat ingin shalat bersama engkau wahai Rasulullah. Mendengarnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; ‘Sungguh saya telah tahu keinginanmu itu. Namun shalatmu di ruang pribadimu lebih baik daripada shalatmu di kamarmu, shalatmu di kamarmu lebih baik daripada shalatmu di ruang tengah rumahmu, dan shalatmu di ruang tengah rumahmu lebih baik daripada shalatmu di ruang depan rumahmu, dan shalatmu di ruang depan rumahmu lebih baik daripada shalatmu di masjid di dekat rumahmu, dan shalatmu di masjid dekat rumahmu lebih baik daripada shalatmu di masjidku ini.’. Ummu Humaid lalu meminta untuk dibangunkan tempat shalat di bagian terdalam rumahnya. Beliau terus melakukan shalat di sana hingga berjumpa dengan Allah ‘Azza wa Jalla.”. (HR. Ahmad)

Tentang tata cara shalat tarwih, maka sama dengan tata cara shalat malam. Dari ‘Amr bin ‘Abasah Rasulullah bersabda;

صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى

“Shalat malam itu dua rakaat, dua rakaat.”. Abu Ayyub al Anshaari berkata;

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا تَهَجَّدَ يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ

“Ketika shalat tahajjud, Rasulullah salam setiap dua rakaat.”. Aisyah berkata;

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً، يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ، يُوتِرُ مِنْهَا بِوَاحِدَةٍ

“Rasulullah shalat malam sebanyak sebelas rakaat. Beliau salam pada setiap dua rakaat. Kemudian Beliau witir sebanyak satu rakaat.”.

Menjelaskan hadits-hadits ini, Muhammad bin Nashr berkata; “Pendapat terpilih kami bagi mereka yang melaksanakan shalat malam adalah melaksanakannya dua rakaat-dua rakaat. Ia salam pada setiap dua rakaat itu, dan menutupnya dengan satu rakaat witir.

Demikian pilihan kami, tetapi sifatnya adalah alternativ dan bukan wajib. Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa Rasulullah pernah shalat malam lima rakaat. Tidaklah Beliau salam melainkan pada rakaat yang terakhir.
Olehnya kami berpendapat bahwa pernyataan Rasulullah “Shalat malam itu dua rakaat-dua rakaat”, sifatnya adalah pilihan (alternativ). Barangsiapa yang ingin melaksanakan shalat malam sebanyak 3, 5, 7 atau 9 rakaat dengan satu kali salam; maka hal itu adalah mubah (boleh). (Selesai, lihat di Mukhtashar qiyaamillail wa qiyaami Ramadhan wa kitaabil witr, oleh Muhammad bin Nahr bin al Hajjaaj al Marwaji).

Ubay bin Ka’ab berkata;

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْوِتْرِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى، وَفِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ بِقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، وَفِي الثَّالِثَةِ بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، وَلَا يُسَلِّمُ إِلَّا فِي آخِرِهِنَّ، وَيَقُولُ ـ يَعْنِي بَعْدَ التَّسْلِيمِ ـ: سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

“Ketika shalat witir, (pada rakaat pertama) Rasulullah membaca surah al a’laa (sabbihisma), rakaat kedua Beliau membaca surah al Kaafirun, dan pada rakaat ketiga Beliau membaca surah al ikhlash. Tidaklah Beliau salam melainkan pada akhir shalatnya. Dan setelah salam, Beliau membaca; subhanal malikil qudduus.”. (HR. An Nasaai)
Aisyah berkata tentang shalat malam Rasulullah;

يصلي أربعا فلا تسل عن حسنهن وطولهن ، ثم يصلي أربعا فلا تسل عن حسنهن وطولهن ، ثم يصلي ثلاثا

“Beliau shalat malam sebanyak 4 rakaat, jangan engkau tanya betapa bagus dan panjangnya 4 rakaat itu. Kemudian Beliau laksanakan lagi 4 rakaat selanjutnya, jangan engkau tanya betapa bagus dan panjangnya 4 rakaat itu. Kemudian Beliau shalat tiga rakaat.”.

Demikianlah secara umum tuntunan dalam melaksanakan qiyam Ramadhan (shalat tarwih). Wallahu a’lam bis shawaab.

2018-05-12T11:46:43+00:00 12 May 2018|Artikel Islam|Comments Off on Shalat Tarwih