Wisuda angkatan 9 putra dan angkatan 5 putri

Pada tanggal 9 -10 Mei 2018, pesantren albinaa melaksanakan acara wisuda angkatan ke 9 putra dan angkatan ke 5 albinaa putri. Acara ini diikuti oleh santri albinaa yang telah menuntut ilmu selama 6 tahun. Jumlah wisudawan tahun ini adalah 106 orang, sedangkan jumlah wisudawati adalah 47 orang.

WISUDA ANGKATAN 5 ALBINAA PUTRI

Acara yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna albinaa ini di mulai dengan prosesi pelepasan wisudawati albinaa putri. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh santri albinaa putri, tamu dari pesantren dan lembaga-lembaga islam, tamu undangan dari aparatur setempat dan juga tamu dari yayasan binaaul mustaqbal. Acara diawali dengan upacara kirab dari komplek pesantren albinaa putri. Para wisudawati di iringi oleh adik-adik kelas mereka. para adik kelas ini membawa atribut seperti bendera merah putih dan hiasan-hiasan untuk menambah suasana kebahagiaan kepada wisudawati. Iring-iringan tersebut mengular dengan indahnya menuju Ruang serba guna di komplek albinaa putra. Setelah sampai di depan RSG wisudawati disambut oleh orang tua mereka. perasaan haru, sedih dan senang bercampur aduk pada saat itu. Tidak berapa lama kemudian acara dimulai pukul 08.00 WIB. Para wisudawati di arak kembali masuk ke dalam ruangan wisuda. Di dalam, kita semua di pandu oleh pembawa acara yang dibawakan oleh santri kelas X albinaa putri, yaitu auliya rani raharjo dan fida nuralifah rahmani. Acara pertama adalah pembacaan al-qur’an dari wisudawati atas nama fauziah anis. kemudian acara dilanjutkan oleh testimoni dalam 3 bahasa yang dibawakan oleh wisudawati atas nama Khowlah shofiyyah (bahasa arab), nadea tri ananda (bahasa inggris) dan Afifah Dian pitaloka (bahasa Indonesia). kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari wali wisudawati yaitu Ust Ibadurrahman. Acara berikutnya adalah taushiyah dari mudir ma’had albinaa, al ust aslam muhsin abidin, Lc hafizhahullah. Acara berikutnya adalah acara yang ditunggu-tunggu yaitu acara pelepasan dan penyematan medali yang dilakukan oleh perwakilan dari yayasan binaul mustaqbal dan ustadzah albinaa putri. Terakhir adalah acara foto-foto bersama wisudawati dengan majelis ma’had, orang tua wisudawati dan dengan ustadzah albinaa putri. Acara ini ditutup dengan acara ramah tamah.

WISUDA ANGKATAN 9 ALBINAA PUTRA

Esoknya acara wisuda angkatan 9 albinaa putra dilaksanakan di tempat yang sama. Sejak kemarin ada beberapa wali santri wisudawan dan tamu undangan menginap di Al BINAA INN yang terletak di komplek albinaa putra. Euforia wisuda albinaa putra sudah terasa dengan di pasangnya atribut-atribut wisuda di sepanjang jalan albinaa. Acara wisuda putra dimulai dengan acara kirab wisudawan yang dilaksanakan di lapangan besar di depan asrama muzdalifah. Kirab ini di ikuti oleh seluruh santri termasuk juga mahasantri ma’had ‘Aly Al Binaa. Ustadz agung wahyu adhy, Lc selaku kepala sekolah SMA IT AL BINAA membuka acara kirab ini, kemudian diikuti dengan iring-iringan wisudawan oleh adik-adik kelasnya menuju lokasi wisuda. Setelah sampai di depan lokasi wisudawan di sambut oleh orang tua mereka. Kemudian tepat pukul 08.30 WIB acara dimulai dengan ditandai oleh iring-iringan wisudawan yang memasuki RSG 1 albinaa.
Seluruh peserta acara wisuda di sambut oleh 2 pembawa acara, rayhan syawari dan iqbal ferrari dari kelas 11. Acara pertama adalah pembacaan ayat suci al qur’an oleh wisudawan atas nama muhammad rahmaneni. Wisudawan ini adalah salah satu santri albinaa yang telah menyelesaikan hafalan 30 juznya. Setelah itu acara dilanjutkan dengan testimoni dalam 3 bahasa oleh fikri makarim sosrianto (bahasa inggris), rifki asyrof (bahasa indonesia) dan hafidz zulni (bahasa arab). Mereka bertiga menceritakan pengalaman mereka, memberikan semangat untuk adik-adik kelasnya dan menghaturkan ucapan terima kasih untuk seluruh keluarga besar albinaa. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari wali wisudawan, bapak Sarwono, S.E, M.M. Disambutannya beliau mengucapkan syukur dan terima kasih atas segala bimbingan dari seluruh keluarga besar albinaa. Sambutan beliau yang paling membekas adalah “Usaha keras tidak akan mengkhianati hasil akhirnya”. Kemudian acara dilanjutkan dengan tausiyah dari mudir ma’had Al Binaa, al ustadz Aslam Muhsin Abidin, Lc. Beliau menjelaskan tentang proses pembelajaran mereka di ma’had merupakan proses yang didasari atas kepedulian albinaa terhadap masa depan kalian, baik itu berupa pembelajaran di kelas ataupun berupa hukuman yang didapatkan ketika kalian melanggar peraturan pesantren. kemudian beliau menjelaskan bahwa pasca kelulusan kalian dari albinaa, kalian harus hidup dengan ruh Islam, tanpa Islam kalian akan menjadi mayit. Setelah tausiyah, beliau mendampingi majelis ma’had yang lain di panggung untuk melakukan prosesi pelepasan wisudawan.
Terakhir kami mewakili seluruh keluarga besar albinaa mengucapkan mohon maaf bila ada perbuatan kami yang salah sebagai manusia. Dan semoga Allah ta’ala menjadikan ilmu kalian bermanfaat bagi Islam dan kaum muslimin.
Baarakallahu fiikum.

2018-05-14T09:13:39+00:00 11 May 2018|albinaa putri, Kegiatan|Comments Off on Wisuda angkatan 9 putra dan angkatan 5 putri